BINA DESA/KELURAHAN SADAR HUKUM, KELURAHAN LALAMPANUA PAMBOANG AKAN MEWAKILI KABUPATEN MAJENE

WhatsApp Image 2018 05 07 at 19.44.58Majene, (7/05/18) – Hari ini, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat menggelar kegiatan Pembinaan Kelompok Kadarkum Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Lalampanua Pamboang Kabupaten Majene tersebut secara resmi dibuka oleh .  Andi Farida , Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, andi Farida  mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memiliki komitmen yang tinggi dalam rangka membangun sinergitas yang baik dengan Pemerintah Daerah dalam membangun budaya Hukum melalui peningkatan kesadaran hukum masyarakat.

“pembangunan hukum pada hakekatnya meliputi, pembangunan materi hukum, aparatur hukum, termasuk budaya hukum” tambahnya

Dikatakannya, bahwa Negara Republik Indonesia adalah negara berdasar atas hukum dan bukan atas dasar kekuasaan, untuk itu, peran serta Pemerintah dan Masyarakat sebagai dasar pelaksana atas hukum-hukum yang telah dibentuk dapat seiring secara bersama-sama bersinergi membangun budaya hukum yang baik.

Dalam kesempatan yang sama tersebut,  Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sri Yuliani, menambahkan, pelaksanaan pembinaan Kelompok Kadarkum Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kelurahan Lalampanua ini merupakan hasil koordinasi antar jajaran Kemenkumham Sulawesi Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Majene.

“Kelurahan Lalampunua dipilih atas rekomendasi dari bagian Hukum Pemda Majene sebagai salah satu kelurahan yang ditunjuk dari beberapa Desa/Kelurahan di Sulawesi Barat” lanjut Sri Yuliani

Jajaran Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, sambung Sri,  akan terus berkoordinasi dengan jajaran Pemda Majene dalam melakukan pembinaan Kelurahan Lalampanua ini, sebagai Kelompok Kadarkum Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang akan mewakili Kabupaten Majene pada lomba Kelompok Kadarkum Desa/Kelurahan Sadar Hukum di tingkat Provinsi.

“Tahun lalu, Desa Tubo Kecamatan Tubo Sendana merupakan Desa sebagai wakil Sulawesi Barat pada lomba Kelompok Kadarkum Desa/Kelurahan Sadar Hukum tingkat Nasional dan berhasil meraih peringkat ke V, dan ini merupakan salah satu prestasi yang baik bagi sebuah provinsi yang masih muda usianya seperti Sulawesi Barat ini” bebernya

Ditambahkannya,  tahun ini, Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten  akan terus berupaya semaksimal mungkin akan melakukan pembinaan yang lebih baik lagi sehingga apa yang diraih dari tahun 2017 lalu dapat ditingkatkan, dan ini akan menjadi pekerjaan rumah kita bersama (Humas/Muh.Kasim)


Cetak   E-mail