KEMENKUMHAM SULBAR GELAR UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

IMG 2699Mamuju (Jumat, 1 Juni 2018) –  Hari ini, merupakan hari libur nasional dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila.

Sudah dua tahun ini atau tepatnya dimulai tahun 2017 lalu, setiap tanggal 1 Juni yang merupakan hari lahir Pancasila, ditetapkan sebagai hari libur secara nasional.

Penetapan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung, pada 1 Juni 2016

Berkaitan dengan hal tersebut, Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat hari ini menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Wilayah tersebut, bertindak selaku inspektur upacara Andi Farida,  selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat sekaligus membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo.

Segenap yang hadir pada upacara peringatan tersebut, para Kepala Divisi dan Pejabat dilingkungan Kantor Wilayah serta para Kepala UPT se Mamuju beserta masing-masing staf di lingkungannya.

Sambutan tertulis Presiden Joko Widodo yang dibacakan oleh Andi Farida mengatakan bahwa sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathen Indonesia.

“Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945” lanjut Andi Farida

Lebih lanjut ia membacakan sambuta tertulis Presiden mengatakan bahwa para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

“Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur” sambungnya

Selain itu, andi Farida melanjutkan bahwa Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi 

(Editor - Muh.Kasim)

IMG 2689


Cetak   E-mail