LAPAS POLEWALI BINA WBP DENGAN PROGRAM “KEJAR AKHIRAT"

C2DF7D71 DE3D 4ABE 8243 FF99C49AE362
Polewali Mandar - Lembaga Pemasyarakatan bukanlah akhir dari segala kehidupan, dan bukan tempat akhir bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam Lapas. 

Hal itu diungkapkan salah seorang pegawai Lapas Polewali, Ismail, SH, yang aktif dalam kegiatan Kejar Akhirat dalam memberikan bimbingan rohani kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Lewat program pembinaan melalui bimbingan Kegiatan Belajar Al-Qur’an dan Shalat (Kejar Akhirat), penyuluhan dan kajian agama  kepada para WBP di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Polewali (Lapole).

Hal tersebut juga dilakukan sebagai wujud nyata dalam mewujudkan jalinan Ukhuwah Islamiyah dan menuju masyarakat yang tentram dan damai.

“Lapas bukanlah akhir segalanya, walaupun secara hukum napi sudah ditentukan dan diputuskan oleh badan peradilan Negara, sebagai akibat dari kelalaian dan kesengajaan melanggar norma hukum” kata Ismail

Lapas sebagai wahana instropeksi diri atas kesalahan prilaku dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa, tentunya dengan kegiatan keagamaan sesuai dengan agama dan keyakinannya 

Kasi Binadik Lapas Polewali, Baharuddin, dalam kesempatan lain menjelaskan bahwa kegiatan yang sudah menjadi kesepakatan bersama adalah kegiatan keagamaan “Kejar Akhirat”. 

“Diantaranya setiap hari senin sampai dengan kamis disampaikan materi qiro'atul qur'an dan murottal hafalan surat pendek serta shalat” ujar Bahar

Pembinaan keagamaan mampu membentuk mental positif bagi WBP, yang bertujuan meningkatkan kesadaran melaksanakan ajaran-ajaran agama, dan meningkatkan pengetahuan agama mereka. 

“Ada enam pilar karakter yang dapat dibentuk melalui pembinaan keagamaan bagi setiap narapidana, yakni kejujuran, rasa percaya diri, hormat, tanggungjawab, kepedulian dan toleransi,” sambung Baharuddin

Dengan adanya bimbingan dan penanaman nilai-nilai positif agama Islam secara intensif, maka diharapkan para wbp dapat mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari, sehingga mereka tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama di masa-masa yang akan datang.

(Kontributor: Humas Lapas Polewali) 

#KumhamPasti

#KumhamSulbarPastiWBK

#PastiMalaqbi

#Kemenkumham

#Melayanipastimalaqbi

#Pastiwbk

191335CE 605C 4D1D 8EFB E32A46335DDF

 

6F949D0C F652 4D56 91B6 9FB2BD79A6C9

 

7D78F7CB 15B5 4E50 8491 6776E5A91223

Cetak