Kemenkumham Sulbar Gencarkan Peningkatan Kinerja di Bidang Pemasyarakatan

 IMG 20240229 WA0010

 

 

 

Mamuju - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat melaksanakan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada Senin (26/2/2024) dan Selasa (27/2/2024) di Aula Pengayoman. 

 

Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Tahun 2024 Kanwil Sulbar menghadirkan 36 orang petugas pemasyarakatan dari jabatan Asesor, PPK dan PK di Lapas/Rutan/LPKA/Bapas di Sulawesi Barat.

 

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono mewakili Kepala Kantor Wilayah Sulawesi Barat Marasidin.

 

Ia berpesan kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan organisasi yaitu petugas yang memliki keahlian asesment dan Litmas pada Lapas/Rutan/LPKA/Bapas.

 

Kegiatan mengangkat tema Pelatihan Asesor, PPK dan PK di Lapas/ Rutan /LPKA/ Bapas di Sulawesi Barat guna penilaian tingkat resiko dan kebutuhan bagi tahanan, narapidana dan klien pemasyarakatan menghadirkan narasumber dari Ditjen Pas. Narasumber yang hadir yaitu Suri Handayani S.Psi., M.Psi dan Tamyis Ade Rama, S.Psi., MM yakni Pembimbing Kemasyarakatan pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

 

Pada hari pertama kegiatan materi yang diberikan oleh Suri Handayani berjudul syarat, tugas dan tanggung jawab PPK sesuai SE Ditjen Pas tahun 2024. 

 

Ia juga menjelaskan tentang asesmen dan cara menggunakan asesmen oleh asesor di lapas/rutan.

 

Masih dihari kedua, materi kedua dibawakan oleh Ade dengan judul Litmas bagi tahanan dan narapidana. Ia juga menyampaikan dan mensimulasikan penggunaan asesmen menggunakan aplikasi Asesmen online.

 

Kegiatan sosialisasi teknis dilaksanakan secara tatap muka dan  menggunakan komunikasi dua arah atau adanya timbal balik langsung oleh audiens.

 

Pada akhir acara sekaligus menutup kegiatan, Akhmad Herriansyah Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan TI, menyampaikan harapan kepada asesor, PPK dan PK di lapas rutan, baik yang belum mempunyai SK (calon), maupun yang sudah mempunyai SK dari Ditjen PAS atau Kanwil.

 

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat selalu mampu memotivasi diri guna meningkatkan kompetensi dan kapabilitas dalam betugas demi kinerja dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Sulbar.

 

Kegiatan Sosialisasi atau pelatihan bagi petugas pemasyarakatan sangat penting sekali untuk membekali mereka dalam bertugas. Oleh karena itu dibutuhkan  komitmen yang kuat baik dari level bawah sampai atas agar  dapat memberikan hasil yang maksimal bagi organisasi.

 

 IMG 20240229 WA0011IMG 20240229 WA0011IMG 20240229 WA0011

 

Cetak