Wamenkumham Kemenkumham RI Eddy O. S. Hiariej Sampaikan Remisi Idulfitri 1442 H pada Halal Bihalal Virtual

18FC0D99 065B 4768 BC62 F2C8CAE58161
Wakil Menteri Hukum dan HAM, Eddy O. S. Hiariej menyampaikan remisi khusus Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah pada acara Halal Bihalal virtual, Jumat, 14 Mei 2021. 

Halal Bihalal virtual tersebut dihadiri oleh sejumlah  pimpinan Kementerian/Lembaga lainnya, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI (Menkopolhukam).

Tak hanya itu, Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Andap Budhi Revianto juga turut hadir pada acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Wamenkumham melaporkan pelaksanaan pemberian remisi khusus Hari Raya Idulfitri 2021. 

“Sebanyak 121.026 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapatkan pengurangan masa tahanan maupun langsung bebas” kata Eddy O. S. Hiariej

Remisi khusus I berupa pengurangan masa tahanan bagi 120.476 WBP dan remisi khusus II  untuk 550 WBP langsung bebas  

Pemberian remisi diharapkan, lanjut Eddy, agar menjadi motivasi bagi WBP untuk memiliki sikap dan perilaku yang benar setiap hari. Halal Bihalal virtual ini juga menjadi wadah koordinasi antar K/L dalam pengawasan perayaan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Seperti dikutip salah satu media, pada kesempatan yang sama itu Menko Polhukam, Mahfud MD mengajak para pimpinan Kementerian/Lembaga untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan angka positif Covid-19 pasca Idul Fitri. 

“Peningkatan ini bisa disebabkan oleh Shalat Ied di beberapa lokasi yang dihadiri banyak orang dan tidak menerapkan Protokol Kesehatan” katanya

Mahfud juga mengajak segenap jajaran untuk menjaga keamanan dan situasi kondusif selama masa perayaan Idul Fitri. Prediksi situasi dengan esensi akan ada ada peningkatan kasus positif covid-19 pasca perayaan Idul Fitri 1442 H. 

“Antara lain, disebabkan Shalat Ied di beberapa tempat tidak disiplin dan perhatikan Prokes, dihadiri jamaah jumlah besar serta masuknya pekerja migran,” kata Mahfud

Cetak