PERUBAHAN KANIM POLEWALI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

IMG 20200725 WA0018IMG 20200725 WA0018Polewali (22/07/2020)Sejak diusulkan sebagai satuan kerja menuju WBK, Kantor Imigrasi (Kanim) Polewali telah banyak melakukan perubahan, baik untuk sarana, prasarana dan membangun komitmen Bersama.

Habiburahman menyampaikan Langkah-langkah perubahan yang telah dilakukannya dalam rangka pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kantor Imigrasi Polewali Mandar kepada Ketua Pembangunan Zona Integritas Kemenkumham Sulawesi Barat – Mutia Farida bersama tim,  tidak ada yang terlewatkan untuk 6 area perubahan sebagai ukuran untuk menuju WBK.

Dari mulai dilakukan monitoring pertama pada bulan Februari 2020 yang dilakukan oleh Ketua Pokja Penguatan Pelayanan Publik  dan Akuntabilitas, Wishnu Daru Fajar (Kepala Divisi Keimigrasian), sampai bulan Juni 2020 rekomendasi yang diberikan saat itu telah ditindaklanjuti dan nampak sekali perubahan perubahannya.

Kanim Polewali telah menyediakan sarana :

1.Media Center, tempat untuk mengakomodir awak media dan menjaga hubungan baik dengan media dalam rangka membangun citra positif Kementerian Hukum dan HAM (khususnya di bidang Keimigrasian)

2.Ruang Evaluasi Pengaduan – sebagai tempat untuk melakukan pembahasan pengaduan-pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat, guna mendukung penanganan pengaduan yang cepat, tepat dan akurat.

3.Kantin, sebagai fasilitas umum yang disediakan untuk masyarakat sebagai penerima jasa Kanim Polewali.

4.Ruang laktasi, fasilitas ruang ibu menyusui dengan penataan yang lebih homey , agar penerima layanan (ibu dan bayi) lebih nyaman.

5.Ruang layanan prioritas, ruang layanan pengaduan.

Dan tentunya fasilitas fasilitas lainnya yang cukup memadai. Selain itu telah dilakukan pembenahan-pembenahan ruang kerja untuk mendukung peningkatan kinerja pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya dan telah menyesuaikan dengan kondisi adaptasi tatanan normal baru.

Dalam penguatannya yang diikuti oleh seluruh tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Kanim Polewali, Mutia menyampaikan bahwa menuju WBK tidak hanya pada penyampaian data dukung dan pemenuhan sarana dan prasarana saja tapi yang lebih penting adalah komitmen Bersama antara pimpinan dan seluruh jajaran, seluruh elemen yang berada di lingkungan Kanim Polewali. Penguatan komitmen bersama untuk tetap menjaga integritas harus terus dibangun dan dikuatkan dengan cara cara dan media yang lebih mudah dimengerti dan dipahami seluruh jajaran.

Kolaborasi eksternal harus terus dibangun, public campaign tentang pembangunan ZI dan seluruh kinerja Kanim Polewali harus terus dilakukan dengan konsisten.

Harapannya Kanim Polewali Mandar mendapatkan predikat WBK dengan segala sumber daya yang ada dan komitmen bersamanya untuk berintegritas yang tinggi. 

IMG 20200725 WA0005IMG 20200725 WA0005IMG 20200725 WA0005IMG 20200725 WA0005


Cetak   E-mail