Selain Covid-19,Tuberkulosis juga menjadi perhatian di dalam Lapas dan Rutan

IMG 20200624 WA0045Kepala Divisi Pemasyarakatan, Elly Yuzar didampingi Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan, Idam W. Kuntjoro, dan Kasubid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, dan Rehabilitasi, Sudirman,  berserta staf mengikuti penguatan dan evaluasi melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Direktorat Perawatan, Kesehatan, dan Rehabilitasi, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rabu(24/6)

 

Kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan program pencegahan dan pengendalian Tuberkulosis(TB) pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan yang disampaikan langsung oleh Kasubdit Perawatan Kesehatan Khusus dan Rehabilitasi, dr. Hetty Widiastuti, sekaligus membuka kegiatan melalui zoom meeting tersebut.

 

Selain itu kegiatan tersebut  juga membahas terkait dengan pelaporan dan capaian kinerja khusus untuk program pencegahan dan pengendalian Tuberkulosis(TB).

 

Diharapkan agar Divisi Pemasyarakatan dapat mengingatkan UPT di wilayahnya untuk melaksanakan skrining TB lebih intens lagi terhadap WBP agar target pencapaian angka penemuan kasus dapat tercapai, terutama tahanan yang baru masuk. Mengingat juga bahwa resiko penularan TB naik 7,5 - 10 kali lipat di dalam Lapas / Rutan.

 

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Elly Yuzar mengatakan bahwa selain Covid-19, yang perlu juga diperhatikan di dalam lapas dan rutan yakni pencegahan penularan TB, karena penularan TB naik 7,5-10 kali lipat" ucap Elly.


Cetak   E-mail