HINGGA DINI HARI, KAKANWIL IKUTI PENGGELEDAHAN DI RUTAN MAMUJU

1Mamuju (1 Februari 2017) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat  kembali melakukan Inpeksi Mendadak (SIDAK).

Kali ini, ia bersama Tim Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat mendatangi dan melakukan penggeledahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Mamuju.

Sekira Pukul 12 malam, Rumah prodeo yang berada di jalan Pengayoman tersebut dikagetkan dengan kedatangan Andi Farida selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat bersama Tim yang menangani antisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di jajaran Pemasyarakatan di Sulawesi Barat.

Tak lama kemudian, Andi Farida mendatangi blok wanita yang didominasi oleh narapidana dan tahanan wanita kasus narkoba.

Selama kurang lebih 1 (satu) jam ia memberikan shock terapi kepada mereka yang saat ini menempati blok hunian yang berukuran sekitar 8 x 8 Meter.

“keberadaan Saudara-saudara disini mungkin karena sebagai korban ataupun mungkin disebabkan karena ketidak tahuan Saudara-saudara akan dampak atau  resiko yang akan dihadapi bila terkait dengan Narkoba, baik sebagai pengguna maupun sebagai pengedar” Ucap andi Farida

Awalnya mungkin pengguna hanya memenuhi rasa ingin tahu mereka terhadap obat-obatan terlarang ini, namun pada akhirnya, akan sangat sulit bagi mereka untuk melepaskan diri dari jeratan candu narkoba. Hal ini membuat para penggunanya ingin terus dan terus mengkonsumsinya karena jika mereka tidak mengkonsumsinya, mereka akan merasakan sakit yang teramat sangat pada tubuh mereka” Tambahnya

Mari cintai diri kita sendiri, sambung dia, dan sayangi keluarga kita di luar sana, mereka ikut merasakan sedih dengan apa yang Saudara-saudara jalani sekarang ini

“Ruang gerak terbatas seperti Masyarakat pada umumnya, karena perbuatan yang membuat sehingga harus menjalani pidana disini” lanjutnya

Sementara itu, di blok terpisah, satu per satu blok Tahanan dan Narapidana di geledah dan diperiksa oleh Tim Kamtib Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat.

Tim yang dibagi menjadi 4 (empat) regu itu menemukan beberapa barang/benda yang dilarang berada di dalam blok hunian, seperti Pisau cutter, Sendok, alat cukur dan barang-barang lain yang dapat mengancam keamanan  dan ketertiban di tempat tersebut.

Hingga dini hari, Kakanwil melakukan pengecekan dan pengklasifikasian hasil penggeledahan bersama Tim Kamtib. (Humas – Muh.Kasim)

9999999999999999999999999999