LAKSANAKAN REKONSILIASI LAPORAN KEUANGAN, KAKANWIL MENGHARAPKAN AGAR BEKERJA SECARA PROFESIONAL

IMG 3139Mamuju (Selasa, 10 Januari 2017) – Kementerian Negara/Lembaga (K/L) sebagai pengguna anggaran wajib mempertanggungjawabkan dana yang dikelolanya dengan menyajikan Laporan Keuangan tingkat K/L berupa Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan. Untuk meyakini keakuratan data yang disajikan dalam LK tersebut, K/L secara berjenjang wajib melakukan rekonsiliasi dengan Bendahara Umum Negara (BUN) yang menjadi mitra kerjanya. Rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama. Hasil rekonsiliasi ini nantinya akan dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Berkaitan dengan hal tersebut, jajaran Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM Sulawesi Barat hari ini menggelar rekonsiliasi data laporan keuangan Semester II Tahun Anggaran 2016.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat Andi Farida didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi dan Kepala Divisi Keimigrasian pada pelaksanaan kegiatan tersebut mengharapkan kepada seluruh pengelola keuangan baik pada Kantor Wilayah maupun pada Unit Pelaksana Teknis agar dalam melakukan penyusunan keuangan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

IMG 3144“Dalam melaksanakan penyusunan laporan keuangan tahunan tahun 2016 harus memperhatikan Surat Skeretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM R.I nomor SEK.KEU.05.02-266 tanggal 20 Desember 2016 tentang Monitoring dan Evaluasi Realisasi Anggaran” tuturnya

Lebih lanjut ia mengharapkan agar seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat agar dapat bekerja secara profesional sebagai tanggung jawab kita dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat. (Humas/Muh.Kasim)