Headline News

Prev Next

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Anggota MPW Notaris Sulawesi Barat dan Anggota PAW MPD Notaris Mamuju

19-09-2014 Hits:38 Berita Utama Kanwil Sulbar

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Anggota MPW Notaris Sulawesi Barat dan Anggota PAW MPD Notaris Mamuju

Mamuju,(Kamis, 18 Sepetember 2014) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat Gunarso melantik dan mengambil sumpah jabatan Majelis Pengawas Wilayah (MPW) Notaris Provinsi Sulawesi Barat dan Anggota Pergantian Antar Waktu (PAW) MPD Notaris Kabupaten Mamuju. Acara pelantikan tersebut...

TES URINE PEGAWAI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM SULAWESI BARAT

15-09-2014 Hits:80 Berita Utama Kanwil Sulbar

TES URINE PEGAWAI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM SULAWESI BARAT

Mamuju, Senin 15 September 2014 – Setelah melaksanakan tes urine pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pegawai di jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan beberapa waktu lalu, Badan Narkotika Nasional (BNNP) Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan tes urine bagi pegawai di lingkungan...

SERTIJAB KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM SULAWESI BARAT

25-08-2014 Hits:166 Berita Utama Kanwil Sulbar

SERTIJAB KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM SULAWESI BARAT

Mamuju, Sulawesi Barat – Menciptakan manajemen sumber daya manusia yang lebih baik dapat dilakukan dengan memberikan ruang sepenuhnya kepada seluruh jajaran untuk melakukan pengembangan karir di bidang kepegawaian. Hal ini dapat dilakukan melalui rotasi atau mutasi untuk meduduki suatu jabatan....

Layanan keimigrasian

banner visa ollost-stolen-passbanner passport ol

BERITA UNIT PELAKSANA TEKNIS

Kesalahan
  • Galat memuat data pengumpan

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Notaris Wilayah Kabupaten Mamuju


PN1

Mamuju,Rabu,29 Pebruari 2012, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat melaksanakan Upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Notaris kepada 2 (dua) orang notaris oleh Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sulawesi Barat dihadiri oleh para Kepala Divisi dan Pejabat Struktural Eselon III dan IV pada Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Barat, Kepala UPT Lingkup Kanwil Sulbar, anggota MPWN Sulbar  dan anggota MPDN Kabupaten Mamuju, Rohaniawan, dan saksi serta rekan sesama Notaris.

Sebanyak 2 (dua) orang notaris dilantik dan diambil sumpahnya yaitu ARLAN, S.H., M.Kn. dan HAERUL, S.H., M.Kn. keduanya bertugas untuk wilayah kerja Kabupaten Mamuju.

PN2

Pelantikan Notaris pada Kantor Wilayah adalah amanat Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris yang berbunyi Notaris sebelum menjalankan jabatannya wajib mengucapkan sumpah/janji menurut agamanya dihadapan Menteri atau pejabat yang ditunjuk.  Bahwa berdasarkan Surat Edaran Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal 8 Nopember 2004 Nomor : M.UM.01.06-139 telah menunjuk Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ditetapkan untuk melakukan pengambilan sumpah/janji terhadap Notaris diwilayah yang bersangkutan.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Wilayah mengatakan bahwa sampai Pebruari tahun 2012 jumlah Notaris di wilayah Provinsi Sulawesi Barat sudah mencapai 30 (tiga puluh) orang Notaris, yaitu 6 (enam) orang Notaris di Kab. Polewali Mandar, 2 (dua) orang Notaris di Kab. Majene, 19 (sembilan belas) Notaris di Kab. Mamuju termasuk yang baru saja dilantik, ditambah 2 (dua) orang Notaris di Kab. Mamuju Utara dan Notaris Kab. Mamasa 1 (satu) orang.

Kepala Kantor Wilayah dalam sambutannya menyampaikan bahwa profesi notaris merupakan jabatan yang diberikan oleh negara kepada seseorang yang telah memenuhi syarat tertentu, dipundaknya terdapat tanggung jawab yang berat, sehingga sebelum melaksanakan tugasnya diperlukan sumpah dan pelantikan. Para notaris dalam menjalankan jabatannya tidak terlepas dari pembinaan dan pengawasan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan notaris, kode etik notaris dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Selain itu Kakanwil juga mengingatkan Kepada Notaris yang baru saja dilantik agar memperhatikan ketentuan Pasal 16 Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 yaitu “kewajiban seorang Notaris” yang diantaranya bertindak jujur, saksama, mandiri, tidak berpihak, dan menjaga kepentingan pihak yang terkait dalam perbuatan hukum, dan sebagainya. Dan Pasal 17 mengenai “larangan seorang Notaris” yang diantaranya menjalankan jabatan di luar wilayah jabatannya, meninggalkan wilayah jabatannya lebih dari 7 (tujuh) hari kerja berturut-turut tanpa alasan yang sah, merangkap sebagai Pegawai Negeri, dan sebagainya.

HUMAS- tesk/Abdullah dan Sudarsono

PN3

 

PN4

PN5

PN6

PN7

PN8

PN9

PN10

 

 

BANNER SELEKSI DITJENPAS kanwil

Galeri Produk Narapidana

Link Terkait

kemenkumham ri webmaillpsebanner foss kumham

Layanan Online

banner patenbanner merek

banner desainbanner-efiling

Statistik Pengunjung

Harian4
Mingguan52
Bulanan658
Total7346